Tulisan Pertama Di Pink Blog

pink blog

Dari jam 14:00 siang sampe jam 17:00 sore sibuk banget nyobain Setup Wordpress versi terbaru di hosting. Katanya wordpress itu mudah, tapi nyatanya ribet. Setup Wordpress lumayan butuh waktu juga, ditambah lagi kita nggak tahu plugin dan cara setup nya.

Tapi masih tetep jadi kok, anehnya situs wordpress yang aku install di Shared Hosting dengan RAM 512 MB, 1GB space, dan 0.75 CPU malah lemot banget. Nggak tau kenapa, padahal belum pernah dipasang plugin apapun semuanya asli config bawaan.

Coba setup theme pake GeneratePress, tambah logo dan sebagainya. Hasilnya? Hancur desain blog jadi ngggak karuan. Mana loading lemot, desain jadi berantakan akhirnya pindah deh ke Flat Filebase CMS.

Dengan CMS ini setupnya mudah, tanpa pengaturan lengkap kayak Wordpress. Loading nya juga ringan, tinggal butuh sedikit penyesuaian terhadap website ini. Sebelumnya web ini adalah web URL shortener.

Nggak lama, paling sejam setup CMS ini akhirnya kelar setelah jam 7 malam. Kenapa lama banget? Karena ada sedikit bugs waktu set permalink nya. Pengaturan manual, semua wajib diganti dari file .htaccess sampe file functions.php

Kalau nggak diganti nanti bisa bertabrakan dengan pengaturan default website ini. Dan terakhir semua kode-kode iklan, kode bawaan, menu navigasi semuanya aq hapus. Dan jadi deh cms nya, hanya tinggal menulis blog dan melengkapi slot iklan.

CMS ini jelas lebih minimalis dan lebih mudah diinstall dibanding worrpress. Pas aq lihat di menu metrix analizing cpanel, waktu install dan setup wordpress tepat jam 20:30 pengunaan cpu sampe batas maksimum banget wow.

Ini artinya cms wordpress terlalu berat buat dijalanin di hosting murahan. Tapi kita emang gak membutuhkanya, ini udah lebih dari cukup buat memposting artikel kok.

Sagita
Sagita Hmmm, aku penulis yaaa jangan macem-macem nggak tau aku tentang web ini.