Mengintegrasikan Pink Shortener dengan Bot telegram

Integrasi Pink Shortener Dengan Bot telegram

Kamu mau membuat bot telegram toko online, atau bot telegram jualan akses? Selagi produk atau layanan yang kamu tawarkan tidak melanggar ketentuan layanan pink shortener, kamu bisa menggunakan layanan pink ke dalam bot telegram kamu.

Pink Shortener mempunyai API callback yang dapat mengirimkan payment succes ke aplikasi yang kamu buat. Dengan begitu kamu bisa memproses mekanisme selanjutnya setelah seorang melakukan traktir/membayarkan uang.

Untuk menggunakan fitur ini, kamu terlebih dahulu wajib mempunyai sebuah domain yang Online. Domain harus dapat di akses melalui internet, setelah domain di aktifkan dan bisa di akses baru kamu bisa menambahkan URL callback Webhook ke dashboard pengaturan pink shortener.

Perlu di ingat, pink shortener bukanlah layanan Payment Gateway. Pink merupakan layanan Donasi dan penyingkat URL keren, sehingga transaksi yang masuk akan di anggap sebagai donasi. Berbeda dengan payement gateway yang memberikan jaminan terbaik terhadap transaksi seperti trx gagal, trx sukses, dan juga mekanisme lain.

Pink hanya akan mengirimkan transaksi sukses, ini mencangkup semua jenis donasi yang di lakukan di akun pink kamu. Misalnya, kamu mempunyai 3 item, ada yang berdonasi mengirim item ( KOPI LAMPUNG ). Maka yang di kirim adalah pricing total donasi seharga KOPI LAMPUNG.

Gunakan URL berikut untuk mengatur parameter yang di butuhkan.

https://pink.my.id/USER?quantity=1&step=2&display_name=NAMA&supporter_message=MSG&traktir=ID_ITEM

  1. quantity : mengatur berapa kali kiriman traktirnya, misal kirim kopi sebanyak 5x, maka isi 5.
  2. display_name : Menambahkan nama default di formulir donasi.
  3. supporter_message : Menambahkan teks default sebagai pesan dukungan.
  4. traktir : Mengubah item traktiran, ada di menu kelolah item isi dengan ID item.
  5. USER : ganti dengan username pink shortener kamu, ada di menu profile klik pojok kanan atas logo.
Semua parameter tersebut bersifat opsional, artinya tidak wajib di sertakan. Tapi bergantung kebutuhan kamu sendiri, bila di tetapkan itu akan menjadi sebuah teks default halaman input form traktir/donasi. Kamu bahkan dapat menyisipkan kata-kata yang mudah di kenali oleh sistem kamu seperti quantity, nama, dan pesan dukungan.


Mengidentifikasi pelanggan yang udah berdonasi

Karena pink bukanlah merupakan layanan payment gateway, untuk mengidentifikasi apakah member sudah berdonasi atau belum kamu bisa menggunakan supporter_message. Parameter ini akan mengatur penambahan otomatis caption pada halaman donasi, sehingga pelanggan otomatis memasukan teks atua identifikasi khusus.

Misalnya, kamu menambahkan caption "Kak aku boleh nitip A nggak #TIP34534", pada contoh sampel tersebut kamu menambahkan 34534 sebagai id identifikasi pelanggan yang membayar. Nanti di sistem kamu bisa menggunakan fungsi untuk mencari ngka di dalam teks.

Identifikasi ini dapat kamu kelolah di aplikasi kamu, berikut ini adalah fungsi untuk mendapatkan angka di dalam teks. Fungsi ini hanya akan mengambil identifikasi angka pertama, menghasilkan angka apabila benar, dan menghasilkan Boolean ( false ) apabila tidak di temukan angka.

Menggunakan Nodejs

function GetID(str) {
    const matches = str.match(/\d+/g);
    if (!matches || matches.length === 0) {
        return false; // tidak ada angka
    }
    
    return matches[0];
}

// Contoh penggunaan
const data = { supporter_message: "Hai kak, sya udah donate 92323" };
const message = GetID(data.supporter_message);
console.log(message);

Menggunakan PHP
function GetID($str) {
    preg_match_all('/\d+/', $str, $matches);
    if (empty($matches[0])) {
        return false; // nothing
    }
    return $matches[0][0];
}
// Get response from callback pink shortener.....
$data = json_decode(file_get_contents("php://input"), true);
$message = GetID($data['supporter_message']);
var_dump($message);


Pengguna JavaScript nodejs dapat membangun server callback sendiri, seperti ini caranya. Kamu bisa lihat dan pahami kode berikut ini adalah cara membangun server dan menerima respon, memproses nya dengan mencetak id ke console log, lalu mengembalikan respon http.

const http = require('http');

// Membuat server HTTP
const server = http.createServer((req, res) => {
    let body = '';

    // Mendengarkan data dalam body...
    req.on('data', chunk => {
        body += chunk.toString(); 
    });

    // Ketika data selesai diterima
    req.on('end', () => {
        const data = JSON.parse(body);
        const IDPengguna = GetID(data.supported_message);
        // cetak ke console...
        console.log(IDPengguna);

        // Berikan respon
        res.writeHead(200, { 'Content-Type': 'application/json' });
        res.end(JSON.stringify({ message: "Data di terima, terimakasih" }));
    });
});

// Menjalankan server pada port 3000
server.listen(3000, () => {
    console.log('Server berjalan, URL http://localhost:3000');
});

function GetID(str) {
    const matches = str.match(/\d+/g);
    if (!matches || matches.length === 0) {
        return false; // tidak ada angka
    }
    
    return matches[0];
}

Silakan desain bot telegram kamu menggunakan PHP, Nodejs, Atau Python. Bot telegram sederhana bisa di bangun menggunakan python atau bahasa tingkat baru yaitu Golang.

Membuat bot telegram sendiri membutuhkan pengetahuan seputar bahasa pemrograman dasar, membutuhkan modal awal berupa server hosting. Jika ingin menggunakan pink, kamu juga harus membeli domain.

Kalau pengen bot telegram yang memfasilitasi VIP akses ke sumber file, kamu bisa membeli project bot telegram yang sudah di kembangkan oleh Netzku, beli projectnya di Netzku Store.

Adapun project yang di maksud yaitu VIP File to Links bot, di mana kamu bisa membagikan pesan multimedia telegram. Setelah itu bot akan mengirimkan tautan berupa tautan VIP akses dan tautan Free Akses. Kamu bebas memilih untuk membagikan tautan tersebut, mau pilih A atau B.

Tautan VIP akses audiens harus berdonasi terlebih dahulu untuk bisa membuka sebuah pesan multimedia. Kamu dapat mengatur sendiri durasi berlangganan VIP akses, contoh 1000 item donasi berlangganan selama 1 Hari, dan seterusnya.

Selain VIP akses kamu juga bisa mengaplikasikan program ini untuk Mengfess Telegram Bot, mengfess adalah salah satu cara berekpresi di media sosial tanpa menggunakan akun asli. Dan kamu bisa menjadi penyedia fasilitator nya, kamu menyediakan Channel Base khussus, kemudian menyediakan Bot telegram untuk memposting MengFess.

Mengfess Mention And Confess, di kalangan anak modern bisa di gunakan untuk mengungkapkan suatu permasalahan, cerita, keluhan atau apapun kepada orang banyak. Pesan yang di sampaikan akan mendapatkan respon feedback karena biasanya halaman /akun base yang menyediakan tools tersebut sudah mempunyai pengikut yang royal.

Sangat aman dan tidak melanggar privasi, seorang atau orang lain tidak akan mengetahui siapa pengirim. Sebenarnya masih banyak lagi ide konten digital kreatif lain yang lebih sehat, dan tidak melanggar persyaratan layanan serta ketentuan layanan.

Jika kamu punya ide bisa langsung ajukan saja ide tersebut kepada pembuatnya atau kamu bisa wujudkan sendiri dengan belajar secara otodidak mengembangkan program berbasis whatsapp dan bot telegram.