Tips cara mendapatkan donasi pertama

Tips mendapatkan donasi first time

Sulit rasanya mendapatkan donasi pertama dari pendukung/suporter, apalagi kita yang menjadi kreator kecil dan baru mulai berkembang. Banyak orang sulit mendapatkan donasi di karenakan maal nya jumlah yang yang di keluarkan ketika donasi. Dalam hal donasi/traktiran untuk kreator biasanya jumlah minimal yang dapat di bayarkan kisaran 5 ribu rupiah.

Uang tersebut tidaklah sedikit, sehingga banyak orang berfikir 2x untuk memberikan donasi. Namun biasanya donasi sukarela bisa kita dapatkan dengan mudah, dengan syarat konten kita harus bermanfaat, dan menarik bagi audiens. Bagaimana menciptakan konten yang menariik bagi audiens? Sementara kita sendiri belum punya nama yang populer?

Ada banyak jalan menuju roma, oleh karena itu jangan khawatir. Kamu bisa mencoba mengembangkan karya pertama, di mulai dari karya gratis dulu. Misalnya kamu suka banget menulis, dan punya kemampuan menghayal yang sangat dalam, mungkin kamu mempunyai bakat dalam menulis cerita pendek ataupun cerpen.

Cobalah menulis cerita pendek dan pajang di sosial media, jangan khawatir masalah salin menyalin atau ada orang lain yang menyalin cerita mu. Mereka membagikan cerita tersebut secara gratis, dan kita akan mendapatkan lebih banyak exposur apabila cerita tersebut jadi populer di sosial media.

Gunakanlah model cerita bersambung / cerbung berjenis novel agar kita mempunyai kendali penuh terhadap royalty dari sebuah karya. Setelah mendapatkan banyak penggemar, sebuah judul cerita, kamu bisa membuat episode berikutnya jadi berbayar. Bisa gunakan layanan Nih Buat jajan ( NJB ) atau pake fitur dari pink shortener untuk mempublikasikan karya.

Misalnya, seorang harus membayar untuk membuka gembok dan membaca cerita. Dengan catatan jumlah bayaran yang di berikan bisa di atur secara sukarela dengan minimal yang lebih rendah.

Dengan cara ini kamu bisa menghasilkan audience yang royal, serta penggemar baru, hingga kamu bisa di akui sebagai penulisa. Karya cerita dapat menghasilkan pendapatan seiring waktu selagi cerita tersebut di minati oleh banyak orang. Bahkan ada yang di bukukan sampai di filmkan, jadi jangan ragu untuk terus belajar dan membuat cerita baru dari sebuah hayalan.

Selain cerita ada juga cara lain, cara lain adalah dengan menjual akses ekslusif. Menjadi kreator dengan popularitas yang rendah merupakan tantangan utama, oleh karena itu kita wajib membatasi akses berlebihan ke konten yang telah kita produksi sebelumnya agar bisa membuka jalur donasi bagi siapa saja yang ingin melanjutkan.


Buat yang belum pernah mendapatkan dukungan donasi dari pelanggan jangan berkecil hati, tetap semangat membuat konten yang menarik, atau melakukan suatu hal yang menarik banyak orang. Bila perlu, kamu membangun sebuah personal branding khusus yang fokus pada satu tujuan tertentu.

Bagaimana seorang dapat memberikan donasi? Seorang akan tertarik hatinya memberi donasi apabila mereka merasa terbantu, terhibur, atau merasakan manfaat dari apa yang sudah kita bagikan. Sebagai contoh, ketika kamu membuat video panduan menginstall windows, atau mungkin mengatasi CMD selalu popup.

Semakin banyak konten/karya yang kamu buat bernilai membantu seorang dan bermanfaat bagi banyak orang, maka peluang mendapatkan donasi secara sukarela bisa dengan mudah di dapatkan. Terkadang, seorang konten kreator dapat melakukan live streaming agar lebih dekat dengan pelanggan, serta dapat menunjukan expresi yang lebih intens.

Seperti kata pepatah, tak kenal artinya tak sayang. Itu sebabnya menjalin kedekatan dengan fans/follower jadi lebih penting, kamu perlu membangun sebuah komunitas sendiri, misalnya grup facebook, server discord, kanal telegram, dengan merangkum mereka artinya kita akan berada lebih dekat pada fans/pengikut.

Sebagian pengikut mungkin akan tergerak untuk melakukan donasi, sebagian lagi mungkin hanya numpang pansos cari perhatian. Misalnya ketika live streaming kamu bisa menampilkan sebuah overlay donasi di layar, di sini para penonton dapat melihat dan mengexkpresikan diri mereka lewat donasi yang di berikan.

Expresi atau response dari kreator yang di berikan donasi juga akan menarik donasi lain nya, oleh karena itu tak jarang banyak kreator membuat seuatu lelucon, atau hal yang menghibur ketika mereka mendapatkan donasi. Karena setiap expresi atau tindakan yang di lakukan akan memicuh timbulnya donasi-donasi lain dari fans lain selama live streaming.

Donasi atau traktiran akan mudah di dapat ketika kita membuat suatu yang bermanfaat/menjalin kedekatan yang intens pada follower, namun jika kita hanya tebar tautan donasi di sosial media, memangnya siapa yang mau membayar. Tak akan ada orang mau membayar, menghamburkan uang mereka secara percuma.

Bahkan setelah di kirim donasi pun tidak ada imbal balik seperti ucapan terimakasih, seolang-olah donatur telah kehilangan uang mereka tanpa ada imbalan. Meskipun pada halaman donate terdapat sebuah pesan dan nama yang di tinggalkan oleh donatur, namun itu rasanya tak cukup sebagai ucapan terimakasih.

Jika kita rangkum dalam sebuah daftar maka apa yang saya sampaikan akan menjadi poin berikut ini :

  1. Bisnis akses akan membuka peluang donasi dan memicuh seorang melakukan donasi.
  2. Membuat sesuatu yang bermanfaat/membantu dapat mentrigger donasi dari fans yang royal.
  3. Menjalin kedekatan yang intens kepada penggemar juga meningkatkan peluang donasi.
  4. Memberi ruang publik pada penggemar untuk mengekpresikan diri mereka saat mentraktir/donasi itu akan memicuh respon massal.

Pada intinya hanya memberikan manfaat di awal saja tidak cukup untuk memberikan rasa ketenangan dan saling untung pada penggemar, mungkin kamu harus membuat konten eklusif, hadiah menarik, atau sesuatu hal bonus lain untuk di berikan pada donatur.

Untuk mendapatkan lebih banyak dukungan, berusahalah mencari sesuatu yang lebih tren atau lebih banyak. Semakin banyak exposure, semakin tinggi jangkauan, akan membuka peluang besar mendapatkan donasi dari fans. Banyak plaform sosial media menyediakan fitur donasi sekarang, namun dengan cara yang berbeda. Contonya ada Truelike di Netzme, Start Bintang di Facebook, Gift Di tiktok, superStart di Youtube, dan banyak lagi.

Item donasi yang unik membuat seorang jadi lebih royal untuk memberikan reward hadiah ke pada kreator, namun apabila itu di hitung dalam bentuk uang. Banyak orang mungkin akan menganggapnya sebuah hal yang besar.