Cara mengaktifkan Verifikasi 2 langkah

Mengenal Google authenticator

Untuk menghindari pencurian saldo yang sering sekali terjadi sejak tahun 2022-2023, penting nya mengamankan akun dengan lapisan keamanan tambahan. Pada tahun 2022-2023, kita mengalami beberapa kali saldo akun user di curi, seorang dapat masuk ke akun dan mengganti rekening pencairan dan melakukan request widthrawall.

Karena penarikan di proses secara otomatis, setiap kali ada pencurian saldo sering kali tidak ketahuan oleh pemiliknya. Di versi 2024 ini, kemananan jadi hal penting untuk mencegah terjadinya akses yang tidak sah pada akun kamu, di butuhkan verifikasi 2 langkah keamanan menggunakan TOTP ( Time based one Time Password )

Setiap kamu login di devices tertentu maka di haruskan memasukan kode verifikasi yang sama seperti pada kode yang muncul pada aplikasi autentikator. Kamu bisa menggunakan Authy, Google Authenticator, ataupun Microsoft authentikator. Semua aplikasi tersebut kompatibel dengan algoritma TOTP universal.

Untuk mempermudah management, kamu dapat mengingat sesi login selama 6 bulan di browser. Sehingga tidak perlu lagi melaukan login berulang kali dan memasukan OTP terus menerus, dan sebagai langkah keamanan maksimal sesi aktif di batasi untuk 3 browser saja. Ketika kamu login di perangkat browser lain lebih dari 3, maka sesi lama akan di hapus.

Bagaimana cara mengaktifkan authentikator? Cara mengaktifkan authentikator sangat mudah sekali.

  • Download aplikasi Google Authentikator di PlayStore
  • Masuk ke Profile Pin Shortener, Navigasi ke pengaturan klik Verifikasi F2A
  • Buka Google Authentikator, lalu pilih scan QR Code. Scan kode yang nampak pada layar
  • Masukan kode yang di hasilkan Oleh Aplikasi autentikator, lalu simpan pengaturan.

 

Setelah kamu mengaktifkan lapisan keamanan tambahan, maka akun tetap aman. Meskipun begitu, tetap hindari menggunakan kata sandi yang mudah di tebak yang berisi kata-kata umum. Sebaiknya gunakan kata sandi yang kuat, ingat pink shortener merupakan layanan keuangan berbasis digital.

Kelalaian dalam mengamankan akun dapat menyebabkan kerugian finansial, uang yang sudah hilang atau di transfer ke rekening lain dan terkonfirmasi sukses tidak dapat di batalkan dan tidak dapat di tuntut secara hukum. Jangankan kasus kehilangan saldo 1jt -2 juta yah, kehilangan hanphone pun susah mau cari nya.

So be carrefully, kalau kamu login di devices umum seperti warnet / laptop teman usahakan untuk logout dari browser atau tidak mencentang sesi login selama 6 bulan. Secara default, sesi login tanpa di centang masa aktif 6 bulan hanya akan bertahan selama 24 jam. Setelah 24 jam tidak dapat di gunakan kembali sesi tersebut.

Untuk menjaga akun kamu tetap aman sebaiknya gunakan browser versi terbaru, kalau bisa gunakan Firefox, kiwi Browser, atau Chrome. Hindari menginstall ekstensi aneh di browser, ekstensi/add ons pada browser dapat mengintip atau melihat isi konten dalam halaman web.

Bila pengembang ekstensi orang jahat, bisa saja mereka mengirim submit form dari browser kamu saat kamu dalam keadaan login di pink shortener. Kami sudah melengkapi keamanan dengan metode enkripsi seperti token token keamanan yang berlaku 5 menit setiap halaman di load, penggunaan ekstensi sangat beresiko dan berbahaya.