Apa itu Pink Shortener

Hai, selamat datang di Pink Shortener yang baru. Ini adalah layanan yang telah di upgrade sepenuhnya, dan layanan sudah mulai bisa di gunakan oleh pengguna umum. Sebelumnya pink shortner merupakan project kecil-kecilan, ini adalah program safelink blogger dengan menggunakan pustaka cake PHP.

Sebagai layanan safelink pink shortener bertindak seperti layanan safelink lain yaitu memonetisasi trafik lalu lintas users, setiap ada lalu lintas datang maka akan di arahkan ke halaman destinasi ( challenge ) berisi artikel dan iklan sebelum menuju ke sumber tautan asli.

Pendapatan dari iklan di distribusikan secara proporsional kepada pemilik tautan. Jumlah bayaran yang di berikan sangat berbeda dengan penghasilan iklan, kalau biasanya penghasilan iklan menggunakan pendekatan per klik, per 1000 impresi, per tindakan, ataupun per popup tampil.

Sementara pemilik safelink membayarkan per 1000 tampilan, dan umumnya hanya mencatat untuk 1 pengunjung saja dalam waktu 24 jam terakhir. Bila pengunjung tersebut mengunjungi ulang, maka tidak akan lagi di catat sebagai pengunjung valid, teknik ini adalah metode untuk mengontrol pengeluaran dan menyeimbangkan pengeluaran dengan pendapatan iklan.

Sayangnya pada tahun 2023, Adsense yang menjadi sumber pendapatan utama merubah algoritma mereka. Situs web yang terlalu banyak menerima klik berulang, dari pengunjung yang sama biasanya akan terkena invalid klik. Dan klik tidak valid ini akan berdampak pada pengurangan saldo di akun Adsense bahkan bisa menjadikan saldo MINUS.

Di awal tahun 2023 pink shortener sudah menutup layanan di karenakan minus sampai 8 juta lebih, sementara itu jumlah dana yang perlu di bayarkan ke pengguna mencapai 3.5 juta. Bagaimana bisa minus? ini karena setiap hari selalu ada invalid klik yang denominasinya besar, meskipun pendapatan sudah di bayarkan sebelumnya, tapi setiap hari selalu berkurang 200rb, 300rb, dan seterusnya.

Karena dana kita terbatas, gak punya kemampuan untuk membeli domain baru, membeli akun adsense baru jadi hanya bisa bertahan dengan akun adsense minus. Bahkan penghasilan di bulan berikutnya tidak sanggup menutupi hasil minus yang seiring waktu terus bertambah. Selama 1 tahun pink berhenti ber-operasi, meskipun demikian server tidak di matikan.

Kini kita kembali membuka layanan baru dengan tetap mempertahankan visi dan misi yang sama, yaitu membantu orang memonetisasi konten dan mendapatkan penghasilan dari karya ataupun jasa mereka. Pink bertransportasi menjadi layanan Donasi/Trakteer, Biolink, dan Marketplace ONLINE.

Layanan sebelumnya seperti Shortlinks dan Safelink tetap di pertahankan, bahkan slug URL masih dapat di akses apabila pengguna masih memiliki URL valid sebelumnya. Ini menjaga konsistensi URL yang sudah tersebar agar tetap aktif, kreator gak perlu lagi mengedit dan menghapus URL karena itu sudah di arahkan ke situs aslinya.

Sayangnya, pink tidak lagi memonetisasi trafik lalu lintas dengan iklan. Meskipun layanan safelink ada, untuk hal monetisasi di serahkan secara langsung kepada pemilik URL. Pink akan mulai mengalihkan traffik dari tautan sebelumnya ke blog/server mereka yang mempunyai link.

Agar mereka merasakan sendiri pendapatan yang sebenarnya dari iklan, pendaptan dari iklan sangat kecil. Gak heran sih, banyak website/situs memasang banyak sekali iklan di situs web mereka untuk mendapatkan penghasilan yang layak.

Di sini kita terinspirasi dari Saweria dan juga Trakteer, platform layanan donasi online yang dapat memfasilitasi kreator dalam mendapatkan dukungan/reward langsung dari pelanggan. Karena sumber nya jelas, uangnya asli, gak heran platform seperti ini dapat membayar penggunanya secara nyata. Beda dengan layanan Ads/iklan, sering kali boncos di tengah jalan.

Meskipun fitur nya gak selengkap trakteer atau saweria, kami akan menyediakan layanan yang sama dengan biaya yang serupa pula. Akan ada 5 layanan dari pink shortener.

  • Layanan apresiasi karya berbasis donasi.
  • Layanan top up game dan diamon.
  • Layanan Safelink dan URL shortener.
  • Layanan Biolink Berlangganan.
  • Layanan toko marketplace produk digital.

Fungsi nya tetap sama, sebagai platform digital untuk memonetisasi dan memberikan apresiasi terhadap karya / produk berbasis digital. Nggak hanya bergantung pada layanan iklan, tapi juga Merchandise dan juga dukungan langsung dari para fans.

Terimakasih sudah menggunakan layanan dari pink shortener, proyek ini akan berakhir di tahun 2028 mendatang. Waktu yang masih cukup panjang untuk ber-experiment, mencari pengalaman baru, mengembangkan sebuah software/alat untuk mempermudah kita dalam menjalani kehidupan di era digitalisasi.

Pink bersifat QR based, yang artinya setiap link dapat di jadikan sebagai QR code yang di mana apabila di scan orang dapat mengunjungi URL tersebut tanpa harus mengetik url nya di peramban mereka. Kode QR dapat di tempel di sisi foto profile, di cetak, atau tempat lain.

Pada halaman Header terdapat LOGO QR untuk mempermudah kan dalam proses scaning dan bernavigasi ke URL yang terdapat pada QR code. Fitur ini dapat di gunakan untuk QR mana saja, asalkan nilai yang terkandung dalam diagram batang QR merupakan URL yang valid.

Biaya operasional untuk layanan PINK shortener sebenarnya tinggi saat nggak ada pengguna sama sekali, website ini meskipun di buat dengan domain yang murah biaya server per bulan nya 250k. Jika terus tanpa pengguna maka biaya server tahunan akan mencapai 3 jutaan. Kecil bagi para influencer, namun besar bagi kami.

Saya menciptakan tools ini untuk mempermudah pekerjaan khususnya yang berhubungan dengan tautan, layanan pembayaran, Qr code, dan juga monetisasi karya. Jika platform ini menurut kamu berguna, dan bermanfaat jangan lupa memberikan traktiran kepada mimin di Mimin Budiman