Mengenal fitur donasi apresiasi karya ( TIP )

Di era konten kreator sekarang layanan donasi tidak asing bagi kita, dalam bahasa keseharian di kenal juga dengan istilah saweran atau bahasa inggrisnya tip/hadiah.

Fitur ini memungkinkan pengguna dapat menerima donasi dari penggemar dengan metode pembayaran langsung. Cara terbaik untuk mendapatkan dukungan finansial, ya sebagai konten kreator ada banyak jalan bagi kita untuk mendapatkan dukungan finansial selain mengandalakn merchandise ataupun layanan periklanan.

Salah satunya donasi / tip online, ada banyak kok layanan donasi seperti platform saweria, trakteer, sociabuzz, ko-fi, dan lainya. Namun yang populer di indonesia adalah trakteer dan saweria, kedua layanan ini sudah beroperasi di bawah badan hukum berjenis perseroan terbatas ( PT ).

Sebenarnya plaform penerbit konten sudah menyediakan fitur donasi mereka untuk memberikan apresiasi kepada penggemar, di antaranya fitur untuk akses premium, fitur untu memberi super thanks di youtube, Gift di tiktok, dan juga bintang di facebook.

Fitur layanan tersebut berbeda dengan layanan donasi harus di pake di dalam platform itu sendiri, gak bisa kita pindahin. Jadi kita harus aktif di platform melakukan live stream, melakukan upload video, untuk mendapatkan donasi/saweran.


Nah Pink Shortene menyediakan fitur nya yang lebih fleksibel, di mana kamu bisa menggalang dana sebagai dukungan finansial di manapun, bahkan in app browser. Misalnya nih, kamu seorang kreator aplikasi android versi gratis.

Fitur donasi dari pink shortener mungkin bisa kamu manfaatkan dan emmbed ke website kamu untuk mendapatkan dukungan secara langsung. Bahkan pink shortener memberikan fitur Webhook khusus yang spesial, tujuanya agar sistem yang kamu buat dapat mengidentifikasi pengguna mana yang udah donasi dan memberikan layanan eklusif kepada mereka.

Layanan Donasi pink shortener bekerja sama dengan penyedia layanan payment gateway terkemuka seperti Midtrans, Xendit, Tripay, TokoPay, DuitKu, PayDisini, sehingga kita bisa menyediakan sistem layanan pembayaran yang lebih skalabel dan siap 24/7 tanpa henti.

Gak cuma layanan donasi kok, kita juga punya fitur URL Safelink, URL Shortener, BioLink, dan juga Donasi Page. Semua fitur dapat di gunakan dengan hanya satu akun pink shortener, kamu bahkan dapat mengakses beberapa fitur secara eklusif.

Tapi ada satu fitur yang dapat di gunakan untuk menghasilkan uang tanpa harus menggunakan layanan periklanan yaitu safelink. Safelink adalah teknik untuk mengarahkan pengunjung ke situs destinasi lain selain menggunakan fitur pembayaran langsung.


Secara khusus kita sama seperti trakteer/saweria, perbedaan mencolok layanan kita adalah penarikan yang cepat, dan minimal ambang batas pencairan yang lebih rendah. Contohnya saweria dan trakteer mempunyai ambang batas pencairan dana minimum 50 ribu, sedangkan di pink shortener minimum pencairan adalah Rp 2500 untuk bank dan Rp 13.000 untuk bank.

Biaya pencairan di bebankan kepada pelanggan, dan akan di kurangi dari total pencairan. Biaya pencairan ini sudah termasuk PPN + Biaya Pemrosesan + Biaya admin yang di kenakan oleh Bank. Tapi biaya nya masih lebih rendah di bandingkan layanan trakteer dan saweria mengenakan biaya fees sebesar Rp 5000,-

Batas minimal donasi per item nya juga lebih rendah, trakteer minimal donasi 1000, saweria minimal donasi 5000, sedangkan Pink Shortener minimal donasi mulai dari Rp 100,- saja ini di fasilitasi oleh E-Wallet, khusus pembayaran dengan metode bank bisa menggunakan Aggregator QRis payment ataupun bisa juga menggunakan saldo / credit balance.

Setiap pembayaran di potong biaya pemrosesan + biaya MDR sebesar 8%. Contohnya kamu menerima traktiran sebesar Rp 100,- dengan biaya pemrosesesan dan MDR 8% artinya biaya adalah Rp 8,- sehingga yang kamu terima sekitar Rp 92,-

Pink shortener fokus pada layanan transaksi tinggi namun harga nya rendah, makin banyak transaksi akan semakin banyak pendapatan. Harga yang murah juga tidak membebani para suporter untuk memberikan donasi, dengan membuat satuan unit terkecil yaitu Rp 100, suporter bahkan dapat menentukan sendiri berapa banyak jumlah yang ingin mereka berikan.

Apresiasi karya pink shortener juga mendukung penjualan karya digital seperti E-Book, Epub, Video/Foto, Lisensi Software, Akses ke akun bersama, vouucher, lisensi software, dan banyak lagi.

Berlaku biaya flat, untuk setiap produk pembayaran yang mengambil dana langsung dari E-wallet maupun Qris akan di kenakan biaya potongan 8%. Kecuali jika pembayaran menggunakan saldo, pembayaran menggunakan saldo yang sudah tersedia di pink shorener tidak akan di kenakan biaya akan utuh 100% di terima oleh kreator.

Layanan ini masih dalam tahap pengembangan, saya terinspirasi dari sociabuzz, saweria, trakteer, bangunasia, NihBuatJajan (NJB ) dan layanan lain. Meskipun menggunakan domain my.id saya percaya, bahwa domain ini masih mempunyai nilai yang layak dan dapat di percaya, meskipun banyak di gunakan untuk praktek scam/penipuan. Saya bangga dan bertermakasih dengan domain my.id yang murah.

Tanpa domain murah, bikin aplikasi berbasis web harus bayar domain 170 ribu per tahun nya. Belum lagi SSL, Cloudflare, dan Server, intinya mahal kalau semuanya mahal. Pink shortener di bangun dengan menggunakan PHP dengan tanpa menggunakan framework, PHP jauh lebih murah dan lebih skalabel dalam mengatasi lalu lintas yang tinggi.

Mau menghasilkan uang? ingat pink shortener, kami ada produk Donasi, Jual Produk digital, Penyingkat URL keren, Safelink Redirect iklan, dan juga layanan Biolink unlimited akses tanpa batas hanya Rp 250/per hari saja.

Tunggu apa lagi, buruan join sekarang. Bagi kamu yang sudah lama join dari tahun 2021, masih bisa menggunakan akun lama untuk bergabung. Sayangnya, beberapa data yang telah usang sudah kami hapus untuk menjaga privasi pengguna.