Cara mengaktifkan Notifikasi Donasi + BuyLinks via telegram

Layanan donasi seperti trakteer, dan saweria kemungkinan menggunakan alamat email untuk mengirimkan alert invoice ketika terdapat seorang yang mengirimkan donasi atau tip. Penggunaaan email juga di gunakan oleh beberapa layanan bank seperti SeaBank, Jago, Dan beberapa bank lainya.

Reiceip di kirim secara direct ketika terdapat transaksi. Sayangnya, layanan pengiriman email masih terbilang cukup mahal untuk di gunakan, banyak layanan email notifier menggunakan layanan email seperti sendGrid, atau menggunakan fitur Amazon SES.

Penggunaan layanan notifier email memang lebih mahal, dan butuh pengaturan konfigurasi khusus agar pesan dapat di kirim ke penerima dengan baik. Tidak bisa menggunakan server SMTP abal-abal, apalagi menjalankan server Email sendiri. Penggunaan sembarang server email tidak effisien karena email yang terkirim akan lebih banyak masuk ke kontak spam di bandingkan di terima secara "penting" pada inbox.

Untuk menghasilkan yang murah, kita menggunakan telegram untuk mengirimkan notifikasi. Pendekatan ini lebih murah dan effisien, serta tidak membutuhkan proses pengaturan yang rumit. Buat yang penasaran bagaimana cara melakukan integrasi telegram alert ke akun bisa ikuti langkah berikut ini.

  • Chat ke bot telegram yang sudah di sediakan oleh netzku @PinkvBot
  • Setelah mendapatkan chatID telegram, gunakan kode ID tersebut untuk di tambahkan ke laman profile pink.
  • Login ke pink shortener, klik icon profile di pojok kanan atas lalu pilih Account Settings
  • Setelah masuk ke laman account settings, silakan tambahkan ChatID tersebut pada kolom ID telegram. Dan simpan pengaturan.

Setelah di simpan untuk memeriksa apakah notifikasi berjalan dengan lancar atau tidak kamu bisa memberikan sebuah donasi pada halaman donation atau mencoba membeli hak akses tautan. Saat ada transaksi masuk bot telegram akan mengirimkan informasi berupa teks yang berisi invoice Resi, Nama, Jumlah, tanggal dan waktu.

Jika kamu adalah gammer yang membuat konten livestreamer, bisa menggunakan fitur witget overlay. Ini adalah cara terbaik dalam menampilkan informasi dari donate, biasanya hanya berupa pesan atau pun video yang di play.

Witget overlay jauh lebih realtime karena menggunakan websocket, pilihan ada di tangan sendiri mau pakai versi mana. Ada webhoook, ada telegram notifier, ada juga overlay streams.